Untuk membangun jiwa Profil Pelajar Pancasila siswa Patska, tanggal 16 – 27 Oktober 2023 dilaksanakan kegiatan P5 untuk siswa kelas VIII yang bertemakan Bangunlah Jiwa Raganya. Dalam tema ini, siswa kelas VIII diajak untuk melakukan kampanye sekolah anti bullying, anti merokok/narkoba serta anti korupsi. Hal tersebut bertujuan membangun semangat keteladanan siswa dalam mencegah dan memerangi bullying, rokok/ narkoba serta korupsi dari diri sendiri serta dari lingkungan sekolah. Produk akhir dari projek bangunlah jiwa raga ini adalah pembuatan film pendek. Tiga film terbaik akan mendapatkan penghargaan dan ada pemilihan duta di setiap temanya.

Agar para siswa dapat memahami tema dengan baik kegiatan P5 diawali dengan materi tentang Anti Bullying, Anti Narkoba dan Anti Korupsi pada hari Senin pada pukul 10.00 – 14.30 WIB. Materi anti bullying dibawakan oleh Yayasan KAKAK yang berisi tentang kekerasan dan bullying, kemudian materi kedua disampaikan oleh BNN Kota Surakarta, materi snti korupsi disampaikan oleh inspektorat Kota Surakarta. Setelah itu, siswa diajak untuk melakukan review materi di kelas masing – masing untuk mengecek sejauh mana pemahaman siswa.

Setiap hari selama 2 minggu siswa memiliki target harian yang berurutan dari membuat kelompok, menentukan tema dan judul, membuat dialog, berlatih peran, pengambilan video, editing hingga akhirnya berhasil membuat film pendek berdurasi 5-10 menit. Dalam setiap kelompok terdapat siswa yang menjadi sutradara, penulis skenario, kameramen dan pemeran, pergantian peran dapat dilakukan agar setiap siswa merasakan pengalaman yang berbeda.

Sampailah pada hari yang ditunggu yaitu pengumuman pemenang dan closing P5 pada Jumat, 27 Oktober 2023. Pengumuman pemenang disampaikan oleh Bapak Joko Susilo, S. Sn di lapangan sekolah. Film terbaik untuk anti bullying diperoleh oleh , Film terbaik untuk anti narkoba / anti merokok diperoleh oleh , sedangkan film terbaik untuk anti korupsi adalah ……., Juri dalam penilaian lomba tersebut adalah Ibu Heni setyowati, S. Psi. Bapak Ardi Kurniawan, S, Pd serta Bapak Amoga Sidhi Taliawan, S. Pd. Duta Anti Bullying diberikan kepada , duta anti narkoba dan rokok , duta anti korupsi , . Nantinya duta – duta tersebut bertugas menjadi pelopor kebaikan di lingkungan sekolah.

Selamat kepada pemenang, dan semoga SMP Negeri 4 Surakarta menjadi sekolah ramah anak yang aman dan nyaman untuk belajar.

Patska Jaya

Bagikan Ke Sosial Media