Persami Patska, Pengalaman Baru Untuk Siswa Kelas VII

Hallo Sobat Patska

Pemandangan berbeda terlihat di SMP Negeri 4 Surakarta Sabtu – Minggu, tanggal 27 – 28 Januari 2024 kemarin. Terlihat siswa – siswi SMP Negeri 4 Surakarta mengenakan baju pramuka memenuhi lapangan sekolah untuk mengikuti Perkemahan Sabtu Minggu (Persami). Para siswa terlihat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan.

Persami diawali dengan upacara pembukaan pada Sabtu, 27 Januari 2024 pada pukul 08.00 WIB oleh Bapak Muhammad Anshari Nurahmawan, S. Pd. Ikut serta dalam kegiatan ini pembina Pramuka, Dewan Penggalang kelas VIII dan IX serta Widya Mandala SMP Negeri 4 Surakarta. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VII sejumlah 286 orang. Setelah upacara pembukaan dilaksanakan, seluruh siswa mengikuti Scouting Challenge yang terdiri dari beberapa pos. Setiap pos memiliki tugas masing – masing, diantaranya tali temali, semaphore, susun tongkat, pengukuran jarak dan tinggi gedung, dan teka teki. Scouting Challenge bertujuan untuk meningkatkan skill kepramukaan dan ketangkasan siswa.

Sore harinya, peserta persami mengikuti giat penggalang dan dilanjutkan dengan api unggun dan pentas seni pada malam harinya. Hujan yang turun dari sore hari menyebabkan api unggun dilaksanakan di aula, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti kegiatan. Syukurlah, pada pertengahan acara pensi hujan telah reda sepenuhnya, sehingga kegiatan pensi dapat dilaksanakan di lapangan sekolah. Acara pensi selesai pada pukul 22.00 WIB, para peserta persami bersiap tidur dan mimpi indah untuk mempersiapkan kegiatan hari esok.

Di hari kedua pelaksanaan Persami, Minggu, 28 Januari 2024 aktivitas dimulai pada pukul 04.30 WIB. Semua peserta persami bangun menyambut pagi dan memulainya dengan ibadah pagi dilanjutkan dengan olahraga bersama. Suasana segar menambah semangat untuk berolahraga bersama. Setelah berolahraga, peserta persami melaksanakan sarapan pagi bersama, dilanjutkan dengan outbond dan jelajah. Dalam penjelajahan ini setiap kelompok diberangkatkan satu persatu dari sekolah kemudian melaksanakan games dari setiap pos yang mereka temui. Terlihat wajah-wajah peserta yang penuh semangat dan suka cita. Kegiatan outbond dan jelajah berakhir pada pukul 11.30. Peserta persami melanjutkan dengan bersih diri dan ruangan. Setelah istirahat siang, peserta persami mengikuti Forum Penggalang. Dalam acara ini, diumumkan para peserta dan kelompok terbaik.

Akhirnya, acara penutupan pun tiba. Persami ditutup dengan upacara penutupan yang dipimpin oleh Bapak Muhammad Anshari Nurahmawan, S. Pd. Gurat kelelahan terlihat diwajah peserta persami, namun pengalaman seru dan mengasyikkan terpatri dalam kenangan.

Patska jaya

Patska hebat

Patska sehat

Bagikan Ke Sosial Media