P5 Suara Demokrasi Wujudkan Pemilihan Ketua Osis yang Luber Jurdil

Untuk membangun jiwa Profil Pelajar Pancasila siswa Patska, tanggal 16 – 27 Oktober 2023 dilaksanakan kegiatan P5 untuk siswa kelas VII yang bertemakan suara demokrasi . Tema suara demokrasi ini memiliki tujuan akhir yaitu proses Pemilihan Ketua Osis periode 2023/2024. Kegiatan ini diawali dengan kunjungan siswa kelas VII ke kantor DPRD Kota Surakarta untuk melihat sidang paripurna pada tanggal 5 Oktober 2023 dan 19 Oktober 2023 untuk melihat secara langsung proses demokrasi di dalam pemerintahan. Setelah menyaksikan sidang paripurna, dua orang siswa Patska yaitu Filo Fadel Budianto dan Melvina Shannon Setiawan dari kelas 7C berkesempatan mewawancarai Ketua DRPD Kota Surakarta Bapak Budi Prasetyo, S.Sos.dan Bapak Wakil Walikota Surakarta, Bapak Drs. Teguh Prakosa.

Selanjutnya pada Senin, 16 Oktober 2023 para siswa mendapatkan materi dari Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kota Surakarta tentang proses pelaksanaan Pemilu di Indonesia serta fungsi, tugas dan wewenang BAWASLU. Luber Jurdil (Langsung, Umum, Bebas, rahasia, jujur dan adil) adalah semboyan untuk asas pemilu yang berlaku di Indonesia, tujuannya adalah untuk mewujudkan Pemilu yang berintegritas dan dapat dipertanggungjawabkan. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Bapak Drs. Budi Wahyono selaku Komisioner Bawaslu Kota Surakarta.

Kegiatan P5 selanjutnya adalah siswa mempelajari tentang bagaimana proses demokrasi berlangsung, aspek – aspek pendukung demokrasi dan merefleksikan tentang makna demokrasi dan hubungannya dengan proses pilketos yang akan dilaksanakan. Selain itu, proses pemilihan ketua OSIS dilaksanakan melalui diklat calon pengurus OSIS yang dilaksanakan pada Sabtu – Minggu, 21- 22 Oktober 2023. Dari diklat inilah terpilih tiga calon ketua OSIS yaitu Paslon 1 Karin (8B) dan Vania (8B), Paslon 2 Ganis (8F) dan Muhdita (8A), Paslon 3 (Fausta (8D) dan Dio (7A). Untuk mengetahui visi misi tiap paslon, Selasa, 24 Oktober 2023 dilaksanakan debat calon ketua dan wakil ketua Osis yang disaksikan oleh seluruh siswa Patska di lapangan sekolah. Debat berlangsung seru dan menegangkan. Tim Sukses dari masing – masing paslon memberikan dukungan dan semangat sehingga semakin memeriahkan suasana.

Akhirnya, hari penentuan pun tiba. Rabu, 25 Oktober 2023 seluruh warga sekolah melaksanakan pemilihan ketua Osis. Siswa, guru dan karyawan sekolah menggunakan hak pilihnya dengan menyoblos di TPS yang disediakan. Adapun TPS 1 bertempat di kelas 8A, TPS 2 di kelas 8B, dan TPS 3 di kelas 8C. Panitia pelaksana Pemilu adalah gabungan dari pengurus Osis periode sebelumnya beserta calon pengurus Osis periode selanjutnya. Wah kira – kira siapa ya yang akan memenangkan suara dalam pemilihan ini?

Jumat, 27 Oktober 2023 adalah hari penentuan. Hasil pemilihan diumumkan bersamaan dengan closing P5 Suara Demokrasi. Pasangan calon ketua dan wakil ketua Osis dengan suara terbanyak adalah Paslon nomer 2 Ganis (8F) dan Muhdita (8A) dengan jumlah 646 suara, disusul dengan paslon 1 memperoleh 79 suara, paslon 3 memperoleh 66 suara, serta abstain 90 suara. Selamat kepada Ganis dan Muhdita. setelah diumumkan menjadi calon Ketua dan wakil, mereka berdua memberikan sambutan singkat dan berterima kasih kepada para pemilih yang telah memberikan dukungannya, tak lupa mereka meminta doa dan dukungan agar dapat menjalankan tugas selama satu tahun ke depan dengan baik.

Patska Jaya

Bagikan Ke Sosial Media