Membuat Makanan Tradisional hingga Berjualan di Pasar, Serunya Gelaran P5 Siswa Kelas VII

Hallo Sobat Patska,

Dalam rangka meningkatkan jiwa wirausaha dan mengenalkan makanan tradisional di tengah gempuran kuliner kekinian, SMP Negeri 4 Surakarta menggelar gelaran P5 bertemakan Kewirausahaan. Kegiatan P5 ini dilaksanakan tanggal 2 – 12 Januari 2024. Para siswa menyambut kegiatan ini dengan antusias. Kegiatan P5 diawali dengan pelaksanaan apel bersamaan menyambut semester 2, kemudian dilanjutkan dengan Kelas Inspirasi yang bertujuan memantik semangat siswa dan memberikan inspirasi kewirausahaan. Menggandeng narasumber hebat yaitu Bapak Yogi Huda Setiawan dari Toko Roti Ganep dan Ibu Dewi Suprapti, owner Wedangan ‘Hik Pak Ranto”, beliau memberikan informasi, tips, dan motivasi dalam berwiraswasta. Toko Roti Ganep adalah toko roti legendaris yang berdiri sejak tahun 1881, dan masih eksis sebagai salah satu toko roti dan oleh – oleh terlaris di kota Solo. Sedangkan Hik Pak Ranto yang berlokasi di Jebres menjadi salah satu spot makan favorit mahasiswa di sekitar Universitas Sebelas Maret. Kelas Inspirasi diikuti oleh seluruh siswa Patska di lapangan tengah sekolah.

Pada hari selanjutnya siswa kelas VII berkumpul di aula sekolah untuk mendapatkan materi dari guru SMK N 4 Surakarta yaitu Ibu Mutmainah, S. Pd., Ibu Erfin Dwi Priana, S.Pd. T., M.Pd., Bapak, Haidir Ahmad, S. Pd tentang pembuatan snack dan makanan tradisional. Setiap kelas dibagi menjadi 8 kelompok,yang nantinya bertugas membuat dan memasarkan makanan tradisional di gelar karya mendatang. makanan tradisional yang akan dibuat yaitu nagasari, klepon, wedang ronde, es kopyor, carang gesing, senthiling, arem – arem, dan lemper. Para siswa juga menonton film bertemakan kewirausahaan untuk memantik semangatnya dalam berwiraswasta.

Agar dapat memahami dan mempelajari proses jual beli siswa kelas VII belajar langsung sebagai pelaku usaha di lingkungan sekitar sekolah, yaitu membantu para pedagang di Pasar Legi menjual barang dagangannya. Anak – anak membantu menyiapkan, menimbang barang dagangan, melayani pembeli serta berkeliling menawarkan barang dagangan kepada para pengunjung pasar. Bagi anak – anak hal ini adalah pengalaman baru yang seru banget.

Kegiatan P5 selanjutnya adalah siswa belajar memasak secara langsung di dapur milik jurusan Tata Boga SMK N 4 Surakarta. Kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat mempersembahkan karya berupa makanan tradisional dengan cita rasa terbaik. Anak – anak didampingi oleh guru – guru beserta kakak – kakak dari SMK N 4 Surakarta dengan penuh kesabaran. Semua siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka belajar cara memasak yang benar, takaran bahan yang tepat, serta penyajian yang cantik agar masakannya menggugah selera. Wah asyik banget ya Sobat. Dalam gelaran P5 ini, siswa kelas VII mendapatkan pelatihan pembuatan akun dan cara memasarkan produk melalui aplikasi shopee. Pembicara dalam kegaiatan ini adalah Bapak Dias Bahari

Akhirnya sangat yang ditunggu pun tiba, Jumat, 12 Januari 2024 gelar karya P5 berupa bazar untuk siswa kelas VII dilaksanakan. Gelar karya ini dilaksanakan di halaman tengah dan halaman depan sekolah. Siswa kelas VII memasarkan produknya yang berupa makanan tradisional yaitu nagasari, klepon, wedang ronde, es kopyor, carang gesing, senthiling, arem – arem, dan lemper. Berbagai tampilan produk yang dipasarkan terlihat menggugah selera. waoow nyummy. Kemeriahan, kekompakan, kebersamaan dan kerja sama terlihat dalam setiap kelompok.

Uniknya semua kegiatan siswa selama proses P5 ini dituangkan dalam laporan yang berbentuk scrap book. Scrap book ini yang berisi jurnal kegiatan, rencana, nilai nilai kewirausahaan yang diperoleh siswa, refleksi dan dokumentasi

Bagikan Ke Sosial Media