Screening Kesehatan dan Penyuluhan Aksi Gizi Untuk Siswa Patska

Hallo Sobat Patska,
Untuk meningkatkan kualitas kesehatan siswa, Puskesmas Setabelan melaksanakan screening kesehatan untuk seluruh siswa pada 18 Juli – 2 Agustus 2023. Pelaksanaan screening terdiri dari screening kesehatan fisik, kesehatan jiwa, anemia dan screening merokok. Screening kesehatan jiwa meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, tensi, kesehatan telinga dan gigi serta tes buta warna. Pelaksanaan screening kesehatan jiwa dan merokok dilaksanakan mengingat pentingnya kesehatan mental remaja dan bertambahnya jumlah usia merokok sebagai upaya pencegahan sejak dini. Screening anemia diikuti oleh siswa putri kelas VII. Para siswa mengikuti kegiatan screening dengan tenang dan antusias

Screening kesehatan sangat bermanfaat bagi sekolah dan orang tua untuk mengetahui kondisi siswa saat ini sehingga bila terdapat siswa yang kondisinya kurang sehat langsung memperoleh penanganan yang tepat dan rujukan ke puskesmas atau klinik terdekat. Kondisi siswa yang sehat dan fit akan mendukungnya mengikuti pelajaran dengan baik dan mendukungnya meraih prestasi.

UPT Puskesmas Setabelan juga melaksanakan Kampanye Aksi Gizi pada Kamis, 3 Agustus 2023. Bertempat di aula SMP Negeri 4 Surakarta, sebanyak 96 siswa mengikuti kegiatan tersebut. Kampanye aksi gizi ini memberikan pemaparan tentang pentingnya gizi seimbang, serta makanan apa saja yang diperlukan remaja untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbangnya. Para siswa juga diajari tentang 6 langkah mencuci tangan yang benar serta minum Tablet Tambah Darah untuk mencegah anemia.

Bagikan Ke Sosial Media