Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2023 Siswa Baru

Senang, riang, masa depan ‘kan datang
Capai ilmu setinggi awan
Hingga nanti aku t’lah dewasa
Dunia ‘kan tersenyum bahagia

Hallo Sobat Patska,
Tahun ajaran baru 2023/2024 telah tiba. Semua siswa SMP Negeri 4 Surakarta kembali ke sekolah dengan riang gembira. Terlihat pula wajah – wajah baru menghiasi sekolah pada Senin pagi, 17 Juli 2023. Ada yang terlihat antusias, ada yang bingung dan takut- takut karena baru memasuki lingkungan baru di Patska, namun dengan sigap dan ramah, kakak – kakak Osis mendampingi mereka sehingga adik – adik siswa baru kelas VII merasa nyaman dan aman.

Tercatat ada 286 siswa baru yang diterima di SMP Negeri 4 Surakarta dan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah pada 17-21 Juli 2023. Kegiatan MPLS diawali dengan Apel pagi yang dipimpin oleh Ibu Kepala Sekolah, Ibu Sri Wuryanti, S. Pd., M. Pd sekaligus penyematan name tag yang menandai dimulainya kegiatan MPLS. Seperti tahun – tahun sebelumnya, dalam kegiatan MPLS siswa Osis menjadi panitia yang mendampingi di setiap kelompok siswa baru mengikuti rangkaian kegiatan MPLS. Siswa baru dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif, Mandiri, Inspiratif, Inovatif, dan Kreatif.

Kegiatan di hari pertama MPLS, Senin 17 Juli 2023 meliputi orientasi seputar budaya akademik dan pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 4 Surakarta yang meliputi perkenalan wali kelas, pemaparan tata tertib sekolah, tata krama dan budi pekerti, visi misi sekolah, pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila serta sekolah adiwiyata di SMP Negeri 4 Surakarta.

Kegiatan di hari kedua di hari Selasa, 18 Juli 2023 adalah materi tentang Penanggulangan Bencana Kebakaran dari Pemadam Kebakaran Kota Surakarta. Siswa dan guru melakukan simulasi penanggulangan kebakaran secara langsung baik menggunakan APAR maupun manual menggunakan alat – alat yang tersedia di rumah antara lain menggunakan handuk yang dibasahi air . Para siswa terlihat antusias menyimak materi dan mengikuti simulasi tersebut. Materi kedua adalah materi tentang LGBT, kekerasan seksual dan merokok yang disampaikan oleh Yayasan Kaka Surakarta. Dalam materi ini Yayasan Kaka menyampaikan bahaya merokok, cara pencegahan kekerasan seksual dan hal yang harus dilakukan jika mengalaminya, serta fakta tentang Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) yang semakin meluas penyebarannya terutama di kota Surakarta, serta bahaya dan cara pencegahan agar terhindar dari komunitas – komunitas tersebut. Materi selanjutnya adalah tentang lagu nasional dan mars SMP Negeri 4 Surakarta yang disampaikan oleh Bapak Agus Susilo, M. Sn., dan Bapak Ardhi Kurniawan, S. Pd.

Materi di hari ketiga di hari Kamis, 20 Juli 2023 adalah materi tentang pencegahan dan penanggulangan ekstrimisme yang disampaikan oleh Pemerintah Kota Surakarta. Kegiatan dilanjutkan dengan asesmen diagnostik dari Edubrand di kelas masing – masing yang dipandu oleh Bapak / Ibu guru.

Di hari ke-4 di hari Jumat, 21 Juli 2023 dilaksanakan parade ekstra kurikuler. Setiap ekskul menampilkan demo untuk memberikan gambaran kepada siswa kelas VII tentang kegiatan – kegiatan ekskul di SMP Negeri 4 Surakarta, misalnya dari Dewan Galang menampilkan formasi PBB, PMR menampilkan drama penyelamatan, Rebana menampilkan hadrah, basket menampilkan kebolehannya dalam memasukkan bola ke ring, tari menampilkan tarian perjuangan dll. Semua siswa antusias mengikuti kegiatan tersebut, kegiatan ditutup dengan tour sekolah yang dipandu oleh guru dan siswa Osis yang ditunjuk agar mereka dapat mengenal lingkungan sekolah lebih mendalam.

Selamat datang dan selamat berjuang di Patska adik – adik kelas VII
Patska Jaya
Patska Hebat

Bagikan Ke Sosial Media