Hebat, Siswa Patska Juara FLS2N

Hallo Sobat Patska,

Luar biasa, siswa – siswi SMP Negeri 4 Surakarta berhasil meraih prestasi dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kota Surakarta yang berlangsung pada Senin, 29 Mei 2023. Adapun lomba yang berhasil dimenangkan adalah lomba tari kreasi dan lomba musik tradisi meraih juara 2, serta lomba pantomim meraih juara 3. Tari kreasi dan lomba musik tradisi berkesempatan maju ke babak provinsi.

Tari Kreasi dibawakan oleh Nariswari Astadewi Saraswati 8H, Laurensia Intan Gustiana 8B, dan Herlia Ruth Octaviana 8C dengan judul “Laskar Putri” yang terinspirasi dari kisah heroik para pemudi yang tergabung dalam Laskar Putri Indonesia atau LPI di kota Solo yang sebagian besar anggotanya adalah pelajar putri yang terbentuk pada masa awal revolusi sekitar tahun 1945. Terbentuknya LPI dipelopori oleh tiga bersaudara yaitu Ibu Srini, Ibnoe Umar, dan Sarwenten. Selain itu tari ini sebagai respon dari fenomena dimana para pelajar dan pemuda yang mulai acuh dan masa bodoh dengan permasalahan yang dihadapi bangsa. Karya tari Laskar Putri mencoba memunculkan kembali rasa patriotik yang dimiliki oleh para pelajar dan pemuda Solo yang tergabung dalam Laskar Putri dalam turut serta memperjuangkan, menjaga dan memajukan bangsa dan negara tanpa memandang gender. Seperti halnya spirit yang dimiliki Laskar Putri, karya ini juga ingin menyampaikan bahwasanya tidaklah benar perjuangan hanya dilakukan ketika kita merasa mampu serta memiliki kekuatan. Namun perjuangan dapat dilakukan dengan berlandaskan pada kemauan, keyakinan dan semangat untuk memperjuangkan Ibu Pertiwi

Nareswari, Laurensia dan Herlia membawakan Tari Laskar Putri

Lomba musik tradisi dibawakan oleh tim Prebawa Patska yaitu Al’lalikai Rakesha Ellorameccah 7H, Anita Bintang Pertiwi 8F, Muh. Ilham Suryo. S 8G, Agni Surya Dana 8G, dan Yusuf Ratda Mulya 7A dengan judul Tamtåmå Gul-Agul, Prajurit Kebanggaan. Karya yang terinspirasi dari kisah pahlawan nasional, Slamet Riyadi. Semangat juangnya pantang menyerah demi memerdekakan Indonesia dari tangan penjajah. Karya Tamtåmå Gul-Agul merupakan karya interpretasi dari bentuk perjuangan yang dilakukan Slamet Riyadi dari awal perjuangannya hingga akhir hayatnya.

Tim Prebawa Patska

Lomba Pantomim dibawakan oleh Ruth Easter Aji Wijaya 7B dan Alicia Cornelia Putri 7F yang berjudul “ANIMALS KEEPER ” yang bercerita tentang dua orang penjaga hutan marga satwa yang di lindungi oleh pemerintah. Mereka bertanggung jawab melindungi habitat hewan yang ada di hutan tersebut agar tidak di ganggu oleh para pemburu serta para perusak lingkungan yang menganggu habitat satw – satwa yang ada di dalamnya. Mereka berharap agar hewan – hewan yang di lindungi ini tidak punah.

Ruth dan Alicia mewakili lomba Pantomim

Kesuksesan siswa siswi Patska di ajang FLS2N ini tidak lepas dari bimbingan yang luar biasa dari para pendamping. Musik tradisi yang dibimbing oleh Bapak Joko Susilo S. Sn dan Laurentius Hanan Wisma dibantu oleh Felix (9D) dan Nathanael (9C). Lomba tari dibimbing oleh Ibu Wegang Sri Sulanjari, S.Sn, Bapak Dhestian Wahyu Setiaji, S.Sn, M.Sn., Bapak Kristian, S.Sn, serta Bapak Wahyu Toyib Pambayun, S.Sn, M.Sn. Sedangkan lomba pantomim dibimbing oleh Ibu Wegang Sulanjari, S. Sn dan Bapak Amry Setyawan.

Selamat untuk para siswa siswi yang berhasil menjadi juara. Semoga berjaya di tingkat selanjutnya dan menginspirasi teman – teman yang lain.

Patska Jaya!!

Patska Hebat!!

Bagikan Ke Sosial Media