Persami Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Surakarta

Salam Pramuka!!

SMP Negeri 4 Surakarta melaksanakan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) pada Sabtu – Minggu, 21-22 Januari 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VII sejumlah 287 siswa. Pembina Pramuka, Dewan Penggalang serta Widya Mandala SMP Negeri 4 Surakarta ikut serta mendampingi acara tersebut. Persami dimulai Pukul 07.30 di hari Sabtu, 21 Januari 2023 dan dibuka oleh kepala sekolah SMP Negeri 4 Surakarta, Ibu Sri Wuryanti, S Pd, M. Pd .

Setelah upacara pembukaan selesai dilaksanakan, para siswa mengikuti rangkaian kegiatan Persami dengan antusias. Kegiatan pertama adalah Scouting Challenge. Para peserta menyelesaikan tantangan untuk menguji pengetahuan kepramukaannya, antara lain semaphore, tali temali, menyelesaikan soal teka – teki, menerjemahkan sandi hingga mengukur tinggi gedung sekolah dan tiang bendera.

Selanjutnya peserta Persami mengadakan giat penggalang pada sore hari dan dilanjutkan dengan api unggun serta pentas seni di malam hari. Setiap kelompok menampilkan pertunjukan terbaik yang telah mereka siapkan, dari rebana dance, vokal, semaphore dance, hingga akrobatik. Wah keren banget yaa…. Semakin menjelang malam, acara pentas seni semakin meriah apalagi ketika para Dewan Galang Patska menunjukkan penampilan yang okee banget. Setelah pentas seni para peserta bergegas tidur untuk mempersiapkan kegiatan keesokan harinya.

Hari Minggu pagi yang cerah dimulai dengan ibadah bersama pada pukul 04.30 WIB, dilanjutkan senam pagi pukul 05.00 – 06.00 WIB dan persiapan kegiatan selanjutnya hingga pukul 07.30 WIB. Kegiatan pagi ini adalah penjelajahan. Penjelajahan bertujuan untuk meningkatkan kerja kelompok dan saling membantu sesama. Dalam penjelajahan ini setiap kelompok diberangkatkan satu persatu dari sekolah kemudian melaksanakan games dari setiap pos yang mereka temui. Terlihat wajah-wajah peserta yang penuh semangat dan suka cita.

Penjelajahan berakhir pukul 12.00 WIB dan dilanjutkan istirahat hingga pukul 13.30 WIB. Acara terakhir adalah upacara penutupan. Pembina upacara penutupan adalah Bapak Muhammad Anshari N, S.Pd., dan dilanjutkan dengan pengumuman regu terbaik putra putri dan penghargaan untuk para Dewan Galang sebelum para peserta kembali ke rumah masing – masing.

Acara Persami telah terlaksana dengan baik. Terima kasih kepada segenap Pembina Pramuka, Widya Mandala dan Dewan Penggalang yang telah mendampingi para peserta Persami dengan baik.
Sampai jumpa di perkemahan selanjutnya.

Bagikan Ke Sosial Media