SMP Negeri 4 Surakarta Galakkan Sekolah Tanpa Asap Rokok

Hallo Sobat Patska
Apakah kamu tahu? Bahwa dalam satu batang puntung rokok terdapat terkandung lebih dari 7.000 bahan kimia dengan 250 di antaranya membahayakan kesehatan. Dari 250 zat berbahaya tersebut, sejumlah 70 zat diketahui dapat menyebabkan kanker. Diantaranya nikotin, tar, karbon monoksida dan hydrogen sianida. Zat – zat ini akan sangat berbahaya dan menimbulkan kanker apalagi bila dikonsumsi jangka panjang baik oleh perokok aktif maupun pasif. Zat – zat tersebut terkandung baik di rokok konvensional maupun rokok elektrik. Itulah salah satu paparan yang disampaikan dalam Seminar Sekolah Tanpa Asap Rokok yang diselenggarakan oleh Pemuda Penggerak dan Yayasan Jantung Indonesia di Aula SMP Negeri 4 Surakarta pada hari Kamis tanggal 15 Desember 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh anggota PMR SMP Negeri 4 Surakarta sebagai wujud kampanye sekolah anti asap dan anti advertensi rokok, mengingat jenis rokok yang semakin bervariasi baik rokok konvensional maupun rokok elektrik yang sama – sama membahayakan, serta jumlah perokok usia anak semakin meningkat. Selain itu advertensi atau iklan rokok yang cukup gencar, salah satunya yang terpasang di baliho besar membuat anak – anak mengenal dan mengetahui rokok sejak dini sehingga akan dianggap sebagai hal biasa dilakukan.

 Diawali dengan pemberian materi tentang bahaya rokok oleh pembicara, acara dilanjutkan dengan diskusi siswa dan penunjukan Duta Anti Asap Rokok di sekolah yaitu Raden Rara Kuntara Pradapagadhis dari kelas 9F. Di akhir kegiatan para peserta beserta Pemuda Penggerak  melakukan sosialisasi kepada para pedagang rokok di sekitar sekolah tentang peringatan bahaya merokok.

Setelah adanya kegiatan ini diharapkan siswa – siswi SMP Negeri 4 Surakarta lebih menyadari bahaya merokok serta menjauhkan diri rokok agar tidak menjadi perokok aktif maupun perokok pasif.

PATSKA SEHAT ANTI ASAP ROKOK

Bagikan Ke Sosial Media