Siswa PATSKA Antuasias Belajar Seni Grafis "Cukil"

Hallo Sobat Patska

Pada hari Senin, 12 Desember 2022 sebanyak 20 siswa dan 2 guru SMP Negeri 4 Surakarta mengikuti Loka Karya Seni Grafis “Cukil” yang diadakan oleh Perupa Tunas Bangsa bekerja sama dengan SMP Negeri 4 Surakarta.

Cukil kayu atau xylografi adalah teknik cetak relief dalam seni grafis, di mana gambar dipahat pada permukaan papan kayu, dengan bagian yang akan dicetak tetap sejajar dengan permukaan sementara bagian yang tak dicetak dicukil atau dipahat dengan tatah/alat cukil. Bagian yang dicukil dengan pisau atau tatah hasilnya menjadi “putih” (warna kertas atau bahan lain), bagian yang tidak dicukil tetap sejajar dengan permukaan aslinya, hasilnya menjadi “hitam” (warna tinta) (sumber: Wikipedia.org.id)

 Kegiatan yang bertema Loka Karya Seni Grafis “Cukil” Sebagai Media Enterpreneurship ini bertujuan memberikan pelatihan kepada siswa untuk memperkenalkan sekaligus mempraktekkan secara langsung seni grafis cukil. Selain itu Seni Cukil ini menggunakan bahan dan cara yang relatif mudah namun  memiliki nilai ekonomi tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan jika suatu saat siswa ingin menggunakan keahlian ini untuk membuka lapangan pekerjaan.

Peserta loka karya ini adalah 20 siswa kelas IX dan dua guru seni budaya yaitu Bapak Riyadi, S. Pd dan Ibu Wegang Sulanjari, S. Sn. Nah, Langkah – Langkah pembuatan karya seni grafis cukil adalah

  1. Menggambar sketsa pada papan acuan (kayu/ lino)
  2. Mulai mencukil pada papan acuan
  3. Ratakan tinta menggunakan roll di atas papan keramik/ kaca
  4. pindahkan tinta tersebut ke permukaan papan acuan dengan roll karet, ulangi sampai merata ke seluruh permukaan papan.
  5. Letakkan plat atau acuan cetak di atas selembar kertas yang bersih yang berfungsi sebagai alas kerja.
  6. Kemudian tempelkan kertas yang akan dicetak di atas plat atau acuan cetak.
  7. (gerakan menggosok tidak harus kencang, lebih pada penekanan agar tinta dapat turun)
  8. Angkat kertas, lalu keringkan.

Anak – anak mengikuti kegiatan ini dengan antusias dan gembira. Waoow hasilnya luar biasa indah. Terima kasih Kakak- kakak dari Perupa Tunas Bangsa yang telah memberi ilmu yang sangat bermanfaat ini.

Bagikan Ke Sosial Media