Serah terima bibit tanaman dari paguyuban orang tua siswa kepada SMPN 4 Surakarta
Penyerahan bibit tanaman dari SMPN 4 Surakarta untuk Taman Sunan Jogokali (diwakilkan oleh Bapak FX Hadi Rudyatmo)
Penanaman bibit tanaman dari SMP N 4 Surakarta di Taman Sunan Jogokali

Patska Solo, 1 April 2022

Tim Adiwiyata SMP Negeri 4 Surakarta melakukan aksi nyata dengan menanam pohon di Taman Jogo Kali, Bantaran Sungai Bengawan Solo.

Penanaman pohon tersebut sebagai salah satu wujud dari kontribusi Adiwiyata SMP Negeri 4 Surakarta terhadap konservasi bantaran Sungai Bengawan Solo.

Acara diawali dengan penyerahan bibit pohon tanaman bantuan dari Paguyuban Orang tua peserta didik SMP Negeri 4 Surakarta kepada Bapak FX Rudy Hadyatmo, mantan Wali Kota Solo, sebagai penggagas Taman Sunan Jogo Kali. Penyerahan bibit tanaman dilakukan oleh Ibu Sri Wuryanti S.Pd., M.Pd. selaku Kepala SMP Negeri 4 Surakarta.

Aksi nyata tim Adiwiyata SMP Negeri 4 surakarta tersebut selain sebagai wujud kontribusi SMP Negeri 4 Surakarta terhadap konservasi bantaran sungai, juga sebagai ajang pembelajaran langsung dengan metode karya wisata ataupun pembelajaran kontekstual.

Dalam sambutannya Pak Rudy, sapaan akrab dari Pak FX Rudy Hadyatmo, memberikan arahan kepada para siswa, perlunya menjaga bumi dan air. Beliau berpesan kepada anak-anak akan pentingnya menjaga bumi dan air. Dengan menanam pohon di bantaran sungai anak-anak turut menjaga keseimbangan bumi dan air.

“Selama saya bersama warga masyarakat Pucang Arum merawat bantaran sungai tersebut, air Sungai Bengawan solo tak pernah naik ke pelataran taman,” ungkap Pak Rudy.
Tiap-tiap guru mapel memanfaatkan momen tersebut sebagai ajang pembelajaran kontekstual.
Masing-masing guru memanfaatkan momen kegiatan aksi nyata Adiwiyata tersebut sesuai dengan KD masing-masing.
Dengan adanya aksi nyata Adiwiyata tersebut anak-anak dan guru-guru merasa sangat bersemangat. Mereka gembira dengan adanya pembelajaran langsung seperti itu.
Dengan adanya aksi nyata Adiwiyata tersebut anak-anak dan guru-guru merasa sangat bersemangat. Mereka gembira dengan adanya pembelajaran langsung seperti itu.
Semoga momen seperti itu dapat bermanfaat sebagai kekayaan pembelajaran yang dapat dijadikan pengalaman hidup.

Sriyati/2022

Bagikan Ke Sosial Media